DELHI

Kata siapa berkebun harus memerlukan lahan yang luas? Anda yang tinggal di perkotaan dan hanya memiliki sedikit ruang di rumah, juga bisa melakukan kegiatan berkebun.

Solusi yang bisa dilakukan salah satunya adalah membuat kebun vertical, yakni menanam tanaman secara tegak (vertikal) dan bisa diaplikasikan pada dinding. Bukan cuma berfungsi untuk menanam tanaman yang anda suka, model kebun vertical juga dapat mempercantik dinding rumah anda.

Bagaimana cara membuat kebun vertical?

Sebagai inspirasi, dibawah ini akan dipaparkan beberapa model kebun vertical yang mudah dan ekonomis untuk dibuat di lahan terbatas.

1. Kebun Vertical Botol Bekas 

vertical garden menggunakan botol bekas.
vertical garden menggunakan botol bekas.

Benda yang satu ini tentu sangat mudah ditemukan dan kebanyakn hanya dibuang begitu saja setelah digunakan. Namun, dengan sedikit kreatifitas saja, botol bekas yang dianggap tak berguna ini bisa dijadikan salah satu ide pembuatan vertical garden yang unik, ekonomis dan fungsional.

2. Kebun Vertical dari Pipa

kebun vertikal garden menggunakan pipa memanjang.
kebun vertikal garden menggunakan pipa memanjang.

Selain digunakan sebagai saluran air, pipa paralon juga dapat dimanfaatkan untuk membuat kebun vertikal di rumah. Selain dibentuk secara memanjang seperti diatas, pipa juga bisa diposisikan secara vertikal, dengan melubangi sisi-sisa pipa.

Contoh kebun vertikal dengan menggunakan pipa yang ditegakan.
Contoh kebun vertikal dengan menggunakan pipa yang ditegakan.

3. Gunakan Kaleng Bekas

Buat kebun vertikal dari kaleng bekas
Buat kebun vertikal dari kaleng bekas

Kaleng bekas benda yang biasanya terbuang sia- sia bisa digunakan untuk membuat kebun vertikal yang ekonomis dan mudah. Cukup gantungkan kaleng di sisi tembok dan tanam tumbuhan favorit anda.

4.  Berkreasi dengan Kawat 

e3ec6bd00bab4e57c9cd38c8841e80ff

Ide yang satu ini patut dicoba, kawat bisa digunakan sebagai penyangga pot- pot tanaman yang ingin disusun secara vertikal. Unik dan Indah!

5. Tempat Sepatu Bekas

vertical-garden-1

Kantong tempat sepatu yang sudah tidak terpaki pun bisa jadi alternatif anda. Dengan kantong sepatu berabgai jenis tanaman bisa ditanam dalam satu temapat saja. Praktis!

Anda tertarik mencoba?