SUARAPETANI.COM-TEMANGGUNG: Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Koka (Puslitkoka) gelar Kontes Kopi yang diselenggarakan di Filosofi Kopi, Kampung Jago Sleman Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) pada 17-19 Oktober lalu.

Pada kontes itu ada tiga kategori yang dilombakan. Temanggung mengirim dua wakil yang menyabet juara satu dan dua dari satu kategori yang sama, yakni kategori robusta. Kedua wakil itu adalah Mustofa asal Dusun Kemloko, Desa Soborejo, Kecamatan Pringsurat sebagai juara pertama dengan skor akhir 90.42. Serta Muhammad Yusuf Fauzan asal Desa Mergowati, Kecamatan Kedu, Temanggung sebagai juara kedua dengan skor akhir 88.42.

Penggagas Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) sekaligus juri lomba, Pranoto Soenarto mengatakan, KKSI pertama kali di gelar pada tahun 2008 dan tahun 2018 ini merupakan lomba yang ke 10. Tujuannya, inventarisasi karakteristik mutu fisik dan citarasa kopi spesialti dari seluruh Indonesia, memilih kopi spesialti dari seluruh Indonesia hasil panen tahun kontes kopi berlangsung yang memiliki mutu fisik dan citarasa terbaik.

Juga mendukung pemantapan dan pengembangan produksi kopi spesialti di Indonesia untuk pasar ekspor dan pasar domestik, mendorong lahirnya kopi-kopi yang berkualitas dan bercitarasa baik, mendorong agar kopi-kopi spesialti di Indonesia dapat terus mempertahankan citarasanya. Serta mendorong peningkatan nilai jual kopi Indonesia khususnya kopi-kopi yang berkualitas baik yang dihasilkan di Indonesia.

Pranoto menjelaskan, pada final KKSI 10, tim juri berjumlah 11 orang dari berbagai daerah dan mancanegara telah memfinalkan 30 kopi terbaik Indonesia dari 3 kategori, yakni; arabika, robusta dan arabika natural.

“Nilai tertinggi dari 367 sampel kopi masuk seleksi di Puslitkoka dan telah melalui proses cupping oleh team cuppers Puslitkoka,” ucap Pranoto.

Pemenang tiga besar dari tiga kategori kontes itu, disebutkan, untuk
kategori robusta, juara I dimenangkan oleh Mustofa Kemloko asal Dusun
Kemloko Desa Soborejo Kecamatan Pringsurat Temanggung, dengan score 90.42, Juara II diraih Muhammad Yusuf Fauzan asal Kedu Temanggung dengan score 88.42 dan juara III dimenangkan oleh Jamaludin A asal Lampung Barat dengan score 88.38.

Kategori Arabika; Juara 1 dimenangkan Yakub Tato asal Toraja Mamasa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan score 90.67, juara II diraih oleh Koperasi Koerintji Barokah – Basori (Kayu Aro Barat, Jambi) dengan score 90.44 dan Juara III 3 yakni Koptan PPKT Toraja-Thomas Upping Toraja Utara Sulsel dengan score 89.11.

Adapun kategori Arabica Natural, juara I diraih Preanger Point-SetraYuhana Gunung Tilu, Bandung dengan score: 89.88, juara II dimenangkan oleh Fauzan din Yamin Gunung Puntang, Bandung dengan score 89.38 dan juara III adalah Epicurean David Irawan Adiguna Setrasari Tengah, Bandung dengan score 87.81.

Kopi Robusta Temanggung Jateng.